Blog entry by Constance Shapiro

Anyone in the world

Kuliner Indonesia memiliki kekayaan rasa dan wewangian yang tidak tertandingi. Dari Sabang hingga Merauke, setiap tempat mempunyai cita rasanya sendiri yang yaitu hasil dari penggabungan bumbu dan rempah alami yang digunakan dalam kuliner. Bumbu dan saus cabe ialah dua faktor penting yang membentuk identitas masakan Indonesia. Mengungkap hakikat kuliner Indonesia, pameran baru berjudul Bumbu dan Pedas kini hadir di Jakarta untuk memberi tahu keunikan dan kelezatan bahan makanan tradisional.

Pameran tersebut diselenggarakan di Jakarta Convention Center dan telah dihadiri oleh ribuan pengunjung semenjak dibuka sebagian hari yang lalu. Mempersembahkan pelbagai tipe bumbu dan saos pedas tradisional dari berjenis-jenis tempat, pameran ini menjadi kans bagi masyarakat Indonesia untuk mengenal dan mencoba keanekaragaman kuliner kampung halaman mereka.

Salah satu pengunjung, Rina, menyuarakan kegembiraannya dalam menemukan berjenis-jenis macam bumbu dan sambel dari tempat lain. Sebagai orang Indonesia, kita sering kali kali cuma tenar dengan kuliner dari tempat kita sendiri. Namun di pameran ini, kita dapat mencoba beraneka macam masakan dari pelbagai daerah dan menikmati keanekaragaman rasa yang luar lazim.

Dalam pameran ini, terdapat lebih dari 50 ragam bumbu dan saos pedas dari seluruh Indonesia. Mulai dari bumbu khas Padang yang pedas dan gurih, hingga saus pedas khas Manado yang menyegarkan dengan adaanya perpaduan antara cabe, bawang, dan rempah segar. Para pengunjung juga bisa membeli bumbu dan saus cabe hal yang demikian untuk membawa pulang dan mencoba membikin hidangan khas masing-masing tempat di rumah mereka.

Sebagai acara pendamping, https://warteg21.com sejumlah juru masak juga hadir untuk memberikan tips dan trik dalam memakai bumbu dan saos pedas. Mereka menampilkan bagaimana bumbu dan saus cabe dapat menjadikan cita rasa yang orisinil dalam makanan sehari-hari. Berdasarkan salah seorang juru masak, Faisal, Bumbu dan sambal adalah identitas kuliner Indonesia. Mereka memberikan sentuhan khas yang susah dicontoh oleh kuliner dari negara lain. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melestarikan dan mengenalkan kekayaan masakan kita kepada generasi akan datang.

Selain memperkenalkan bumbu dan saos pedas, warteg21.com pameran ini juga yakni arena promosi bagi produsen lokal untuk menunjukkan kualitas produk mereka kepada masyarakat. Salah satu peserta pameran, Warteg21.com Ibu Murni, yang adalah produsen saus pedas dari Jawa Timur, mengatakan, Via pameran ini, kami dapat berinteraksi seketika dengan konsumen dan mempersembahkan saus cabe khas tempat kami. Kami berkeinginan dengan adanya acara seperti ini, produk lokal Indonesia kian dikenal dan diapresiasi oleh masyarakat.

Tak hanya bumbu dan saus pedas tradisional, pameran ini juga menghadirkan jenis masakan modern dengan sentuhan bumbu dan saus cabe tradisional. Puluhan pedagang makanan yang turut berpartisipasi membawa hidangan seperti burger dengan sambal nanas, sushi dengan saos pedas ikan asin, dan kerupuk dengan saos pedas matah. Penemuan semacam ini memperlihatkan alangkah bumbu dan saus pedas dapat menghadirkan sensasi baru dalam makanan.

Tempat Makan di Bandung Yang Instagramable Dan IndahPameran Bumbu dan Saos: Membongkar Hakikat Masakan Indonesia akan berlangsung selama satu minggu dan tersedia bagi masyarakat umum. Diinginkan dengan adanya pameran ini, pemahaman dan pujian terhadap kuliner Indonesia semakin berkembang. Bumbu dan saus pedas menjadi duta dalam memperkenalkan skor-nilai adat istiadat dan identitas rasa Indonesia terhadap dunia. Inilah bentuk kongkret kekayaan kuliner Indonesia yang mesti terus dilestarikan dan dijaga untuk generasi mendatang.